Uncategorized

1 Cara Budidaya Ikan Oscar Didalam Akuarium – Belajar Beternak

Budidaya Ikan Oscar

Cara Budidaya Ikan Oscar Didalam Akuarium – Belajar Beternak

Budidaya Ikan Oscar
Budidaya Ikan Oscar

– Melakukan budidaya ikan oscar saat ini memang tidak banyak yang melakukannya. Untuk itulah artikel tentang Cara Budidaya Ikan Oscar Di Dalam Akuarium yang kali ini saya bahas tentu bisa anda simak dan ikuti terus jika anda ingin mendapatkan informasi yang sangat menarik yang bisa memberikan anda solusi dengan tepat. Angon Lembu

Ikan oscar merupakan salah satu jenis ikan hias air tawar yang berasal dari sungai amazon, Panama, Rio-Paraguay dan Tio-Negro Amerika Selatan. Ikan yang memiliki bentuk dan warna yang sangat menarik dan unik ini tentu memiliki peminat yang sangat banyak sekali. Maka tidak heran jika saat ini sangat banyak yang melakukan budidaya ikan oscar ataupun merawatnya.

Pada umumnya, ikan oscar memiliki warna tubuh kehitam hitaman dengan motif kuning kemerah merahan. Tetapi tentu ada beberapa ikan oscar albino dengan warna dasar tubuh yang putih. Ikan oscar umumnya dapat tumbuh hingga ukuran sekitar 35 cm, ikan oscar termasuk ikan yang sangat cerdas karena ikan ini bisa cepat belajar mengenal jadwal makannya dan jika dilihat ia dapat mengambil pakannya langsung dari sang pemilik.

Umumnya ikan oscar dapat melompat hingga ketinggian 15 cm untuk meraih pakannya. Ikan oscar juga dikenal sebagai ikan Peakcock Cichlid atau Velvet Cichlid. Saat ini ikan oscar sudah bisa dikembang biakkan di Indonesia, karena ikan hias ini berbeda dengan jenis ikan hias jenis lain, ikan oscar tentu memerlukan perlakuan yang sedikit khusus dalam perkembangbiakan atau Cara Budidaya Ikan OscarQJoker Login

Untuk itulah disini saya akan memberikan informasi penting yang bisa anda pahami jika anda ingin mendapatkan solusi dalam hal beternak. Berikut adalah pembahasan lebih lengkap tentang bagaimana cara untuk melakukan ternak ikan oscar didalam akuairium.

Pemilihan Indukan Berkualitas Dan Cara Pemijahan Budidaya Ikan Oscar

 

Ikan oscar yang sangat bagus untuk dijadikan indukan adalah ikan yang telah berumur sekitar 1,5 sampai 2 tahun dengan panjang sekitar 15 cm dan memiliki tinggi sekitar 10 cm serta memiliki warna yang cerah. Seleksi indukan mulai dilakukan saat ikan oscar berumur 5 sampai 6 bulan dengan cara mencampurkan 5 jantan dan 5 betina dalam satu tempat maka ikan tersebut akan mencari pasangan sendiri.

Untuk melakukan pemijahan, anda bisa mempersiapkan terlebih dahulu bak pemijahan dari semen dengan ukuran sekitar 1,5 x 1 x 0,5 m3. Setelah itu isi air yang sudah di endapkan selama 12 sampai 24 jam dengan ketinggian sekitar 30 sampai 40 cm. Kemudian anda bisa masukan sepasang indukan yang telah di pilih kedalam bak tersebut. Informasi Tempat Liburan

Dalam setiap bak bisa diberikan batu ceper berwarna gelap dan bagian atas ditutup sebagian agar bak teduh. Pemijahan ikan oscar  biasanya berlangsung pada pagi dan sore hari dan akan langsung dibuahi oleh ikan jantan. Telur yang telah dibuahi bisa di ambil lalu dimasukan didalam akuarium penetasan.

Pemeliharaan Benih Ikan Oscar

 

Benih ikan oscar yang baru menetas tidak perlu diberikan pakan hingga berumur 4 hari. Karena benih tersebut masih memiliki persedian pakan berupa kuning telur. Setelah berumur 5 hari tentu anda bisa memberikan pakan berupa retifera, pemberian pakan ini tidak boleh terlalu lama diberikan, karena ikan dapat bersifat kanibal.

Setelah berumur sekitar 10 hari, ikan bisa diberikan pakan berupa kutu air yang telah disaring. Setelah berumur 2 minggu ikan dapat dicoba diberikan pakan berupa kutu air tanpa sering dan cacing rambut. Setelah berumur sekitar 25 hari, ikan dapat dipindahkan ke bak atau kolam pembesaran yang lebih luas. Panduan Cara Beternak

Proses Pembesaran Ikan Oscar

 

Setelah berumur 25 hari, anakan dipindahkan ke bank atau kolam pembesaran yang memiliki ukuran sekitar 2 x 1 x 1 x m3 dan di isi dengan air ketinggian 20 sampai 25 cm. Dalam setiap kolam pembesaran dapat ditebarkan sekitar 300 ekor ikan oscar. Untuk mengurangi terik matahari atas kolam bisa anda berikan tanaman air seperti enceng gondok atau hidrilala verticilata.

Setelah 1 bulan, dalam kolam ikan dikurangai menjadi 200 ekor saja. Pakan yang diberikan pada ikan dikolam pembesaran berupa cacing rambut. Ikan sudah dapat di seleksi untuk menjadi indukan jika telah berumur sekitar 5 sampai 6 bulan. Pakan yang diberikan dapat berupa udang kali ataupun udang rebon yang masih hidup.

Dengan adanya informasi yang kali ini saya bahas tentang Cara Budidaya Ikan Oscar. Tentu anda akan bisa lebih mudah untuk menemukan solusi bagaimana cara untuk melakukan ternak ikan oscar didalam akuarium dengan lebih mudah. Dan untuk anda yang ingin mendaptakan informasi Panduan Belajar Beternak. Tentu anda bisa kunjungi selalu blog saya ini disetiap harinya agar anda bisa mendapatkan informasi penting.

Ahmad Abdulloh

Belajarbeternak.com Merupakan Situs Belajar Ternak Online | Kami Memberikan Ilmu Belajar Ternak Ayam | Ternak Ikan | Ternak bebek | Ternak Kambing | Ternak Sapi
Back to top button